PROGRAM SEMESTER
PAUD CEMPAKA PUTIH
KELOMPOK A ( USIA 4-5
TAHUN )
TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019
No
|
KOMPETENSI INTI
& KOMPETENSI DASAR
|
Semester I
|
||||||||||||||||
Diriku
|
Lingkunganku
|
Kebutuhanku
|
Binatang
|
Tanaman
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
||
KI-1
|
Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
|||||||||||||||||
1.1
|
Mempercayai adanya Tuhan mellui ciptaannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
1.2
|
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
KI-2
|
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa
ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli,
mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri,
jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik,
dan teman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
2.1
|
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||
2.2
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
2.3
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
2.4
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
2.5
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||
2.6
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
2.7
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu gliran, mau
mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih ked√isiplinan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||
2.8
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||||
2.9
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
2.10
|
Memiliki perilaku yang √mencerminkan sikap menghargai dan
toleran kepada orang lain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||
2.11
|
Memiliki perilaku yang dapat menyesusikan diri
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||||
2.12
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
2.13
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
2.14
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada
orang tua, pendidik dan teman
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
KI-3
|
Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya du rumah,
tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara : mengamati dengan indera
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); mengumpulkan informasi;
menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
3.1
|
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
3.2
|
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.3
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
3.4
|
Mengetahui cara hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.5
|
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
3.6
|
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3.7
|
Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||
3.8
|
Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.9
|
Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.10
|
Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
3.11
|
Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
3.12
|
Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
3.13
|
Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.14
|
Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.15
|
Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
KI.4
|
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
4.1
|
Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
4.2
|
Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
\√
|
√
|
√
|
||||
4.3
|
Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
4.4
|
Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.5
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
4.6
|
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil
karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.7
|
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||
4.8
|
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.9
|
Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.10
|
Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
4.11
|
Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
4.12
|
Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
√4.13
|
Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.14
|
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.15
|
Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
No comments:
Post a Comment